Gaya Hidup Bersih dan Sehat

Bagaimanakah gaya hidup bersih dan sehat itu?

1. Menjaga Pola Makan
Janganlah terlalu khawatir apabila kamu diminta menjaga pola makan, selama kamu dapat mengontrol kualitas dan keragaman makanan, serta jumlah yang dimakan.
Makanan Seimbang adalah pilihan makanan keluarga yang mengandung semua zat gizi yang diperlukan masing-masing anggota keluarga, dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan, dan bebas dari pencemaran.
Zat gizi merupakan kebutuhan sehari-hari, terdiri dari bahan-bahan yang mengandung nutrisi tinggi, antara lain:
  • Sumber tenaga/kalori adalah kelompok hidrat arang, terdapat dalam beras, jagung, kentang, ubi, singkong
  • Sumber protein dapat berupa protein hewani (daging, ikan) dan nabati (tahu, tempe)
  • Sumber lemak berupa lemak hewani dan lemak nabati
  • Sumber vitamin terdapat pada buah dan sayur
  • Sumber mineral
  • Sumber air

2. Melakukan olahraga
Dengan senam di kamarmu atau berjalan kaki di komplek perumahanmu selama 30 menit kamu sudah melakukan olahraga. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setidaknya 3 hari dalam seminggu. Atau kalau kamu berminat dengan salah satu cabang olahraga (misalnya; renang, bulutangkis, sepakbola), kamu dapat berkonsentrasi dengan cabang olahraga tersebut.

3. Tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol
Memang benar bahwa seseorang tidak langsung mati atau sakit setelah menghisap sebatang rokok atau meneguk segelas minuman beralkohol. Tetapi dengan berjalannya waktu, akan kamu temukan bahwa tubuhmu, teman-temanmu, dan keluargamu akan menerima dampak negatifnya. Ada banyak cara untuk menjauhi rokok dan minuman keras, tapi hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengatakan TIDAK apabila ada yang menawarkannya padamu.

4. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda
Cobalah... Mungkin kamu sedikit merasa capek dan pegal ketika kamu terpaksa merubah kebiasaanmu dengan mempergunakan sepeda kayuh atau berjalan kaki untuk menuju ke sekolah atau ke tempat latihan PMR. Tapi sangat banyak manfaat yang akan kamu rasakan setelah kamu terbiasa melakukannya.

5. Menjaga kebersihan kamar mandi, tempat cuci dan toilet (MCK)
Setiap keluarga seharusnya punya kamar mandi, tempat cuci, dan toilet. Bayangkan saja kalau di rumahmu tidak ada fasilitas MCK tersebut, setiap harinya kamu akan merasa kesulitan untuk mandi secara teratur,
mencuci bajumu dan memenuhi hajatmu.
Apabila di lingkungan tempat tinggalmu hanya ada fasilitas MCK umum yang dipergunakan bersama, tidak menjadi masalah, karena yang penting adalah bagaimana kamu dan masyarakat yang mempergunakannya selalu menjaga fasilitas umum tersebut.
Selain fasilitas umum yang ada, terkadang masyarakat sekitar bantaran sungai seringkali mempergunakan sungai sebagai fasilitas MCK bersama. Kebiasaan tersebut sangat tidak baik, karena menyebabkan sungai menjadi kotor dan tercemar. Selain itu, lingkungan tempat tinggalmu menjadi tidak sehat dan pada akhirnya beresiko menimbulkan bibit penyakit.

6. Pembuangan sampah dan limbah keluarga
Sampah dan limbah keluarga, baik itu sampah maupun air bekas mandi, mencuci piring atau pakaian, dapat mengotori lingkunganmu. Sampah dan limbah keluarga dapat mengotori sumur, sungai, waduk, danau, dan laut. Sehingga dapat berdampak pada terganggunya kesehatanmu dan keluarga serta warga sekitar. Sampah dan limbah keluarga juga dapat menimbulkan bau busuk, kotor, dan menjadi sarang nyamuk dan lalat yang dapat menularkan penyakit.
Agar sampah dan limbah keluarga tidak mengganggu kenyamanan dan menimbulkan penyakit, sebaiknya kamu membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan. Pembuangan limbah keluarga harus dipastikan mengalir ke sistem drainase/penyaluran limbah di komplek tempat tinggalmu.



0 Response to "Gaya Hidup Bersih dan Sehat"

Posting Komentar