Hepatitis - B

Hepatitis-B merupakan jenis penyakit  yang disebabkan oleh sejenis virus,  yang memiliki karakter mirip dengan HIV penyebab AIDS. Disebut juga sebagai penyakit peradangan hati yang berbahaya dan dapat berkembang menjadi penyakit kronis serta menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker hati dan sirosis (matinya sel-sel hati).  
Awalnya, penyakit ini menunjukkan gejala  ringan serupa flu : 
  • tubuh lemas
  • cepat lelah
  • demam.
gejala berat, seperti : 
  • muntah-muntah
  • demam sangat tinggi
  • warna kulit menjadi kekuning-kuningan. 
Pada keadaan berat terdapat gejala-gejala menurunnya fungsi hati, yang bisa berakhir dengan kanker, atau bila ‘sembuh’, sel-sel hati mati dan menjadi sirosis, yang bila meluas menyebabkan gangguan penurunan fungsi hati, seperti: bengkak, perdarahan lambung, dll. 
Selain  Hepatitis-B  berkembang pula jenis baru Hepatitis-C dan Hepatitis-D yang memiliki tingkat kegawatan lebih tinggi daripadi Hepatitis-B.

BAGAIMANAKAH PROSES PENULARAN HEPATITIS-B ?

Penularan Virus Hepatitis-B terjadi persis sama dengan penularan HIV, ialah berupa penularan langsung melalui darah atau produk-produk darah, mencakup: 
  • Transfusi darah dan penggunaan alat kedokteran yang kurang bersih. 
  • dari ibu hamil kepada janin yang dikandungnya.
Yang patut diwaspadai ialah kegemaran suntik di kalangan masyarakat Indonesia.


BAGAIMANAKAH CARA PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN HEPATITIS-B?

Hepatitis-B dapat dicegah dengan vaksinasi. Dengan cara ini, tubuh akan menghasilkan zat anti terhadap Hepatitis B yang disebut Anti HBs. Tidak semua orang perlu divaksinasi. Seseo­rang yang telah terlanjur terkena Virus Hepatitis B atau yang secara alamiah telah memiliki Anti HBs tidak perlu mendapat Vaksinasi.

Selain itu, pencegahan yang sama juga harus dilakukan sebagaimana halnya dengan  pencegahan  AIDS.

Ada beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk melumpuhkan virus Hepatitis-B  pada  stadium  awal  penyakit,  yang  hanya  bisa  didapat  dengan  resep dokter.

Bila sudah lanjut, yang lebih penting ialah memelihara sel-sel hati yang masih baik, agar dapat berfungsi normal. Makanan sehat membantu usaha tersebut.

0 Response to "Hepatitis - B"

Posting Komentar