Membentuk Kebiasaan Baik

Sebagai anggota PMR, kamu dapat membentuk karakter positif kamu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan. Komitmen untuk hidup bersih dan sehat bukan hanya berguna buatmu, tetapi juga memberikan manfaat kepada keluargamu, sekolahmu, dan masyarakat dimana kamu bertempat tinggal.

Yang pasti, memang harus ekstra perhatian agar karakter positifmu terbentuk dan memberikan dampak kepada sekelilingmu.
Bagaimana caranya? 
Bentuklah kebiasaan baik.

Beberapa ide kegiatan yang dapat kamu lakukan:

1. Membentuk kebiasaan baik bagi dirimu sendiri
  • Kalau gaya hidupmu saat ini tidak sehat, sekarang saatnya mulai bergaya hidup sehat.
  • Setidaknya satu minggu sekali kamu membersihkan kamarmu.
2. Membentuk kebiasaan baik di keluargamu
  • Mintalah adik kecilmu mencuci mainan tertentu sebelum makan atau sesudah ke toilet. Ini adalah cara yang baik agar adik kecilmu mencuci tangannya tanpa harus berdebat terlebih dahulu dengannya.
  • Menyisihkan uang tabunganmu untuk membeli handuk atau lap kecil bagi masing-masing anggota keluarga. Belilah handuk atau lap kecil tersebut dengan warna tertentu hanya untuk orang tertentu. Kadang saat kamu ulang tahun ada baiknya menghadiahi keluargamu dengan pengetahuan mengenai kebersihan dan kesehatan lewat barang yang kamu beli.
3. Membentuk kebiasaan baik di sekolahmu
  • Buatlah stiker dengan tulisan “APAKAH SEMUA KUMAN KECIL ITU SUDAH HILANG ???”. Tempelkan stiker tersebut di kaca cermin di atas wastafel di kamar mandi sekolahmu. Ini akan membantu teman-temanmu memahami pentingnya menjaga kebersihan tangan.
  • Bersama-sama dengan teman-temanmu di unit PMR, membantu ibu kantin untuk menjaga kebersihan kantin serta makanan dan minumannya. Selain kebersihan dan kesehatan makanan serta minumannya terjaga, kegiatan ini akan membuat nama unit PMRmu menjadi terkenal karena membantu menjaga kesehatan warga sekolah.
4. Membentuk kebiasaan baik di lingkungan tempat tinggalmu
  • Sediakan bangku yang kokoh untuk membantu anak-anak kecil merasa aman dan untuk membantu mereka berdiri cukup tinggi di depan toilet yang besar. Bangku merupakan tambahan yang penting bagi kamar mandi untuk membantu memastikan bahwa tangan anak-anak dicuci setiap kali selesai menggunakan toilet. Kegiatan ini dapat dilakukan olehmu dan teman-teman unit PMRmu di komplek perumahan yang memiliki fasilitas MCK umum.
  • Melalui FORPIS, rencanakanlah pertemuan agar kamu bisa mengajak unit PMR lain untuk membuat setidaknya-satu unit tempat sampah yang terpisah peruntukannya (sampah organik-sampah plastik-sampah kaleng). Sebaiknya menghubungi dinas kebersihan untuk memastikan bahwa sampah yang dibuang di tempat sampah hasil karya kalian di angkut secara rutin oleh petugas kebersihan. Dengan membuang sampah secara terpisah, selain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dapat juga memberikan perubahan perilaku yang positif dan tambahan penghasilan apabila sampah-sampah tersebut dapat dimanfaatkan kembali.
Dapatkah kita membentuk kebiasaan baik?
Mulailah dari sekarang..

0 Response to "Membentuk Kebiasaan Baik"

Posting Komentar